• Jam Buka Toko: Senin - Sabtu 09.00 s/d 21.00 WIB | Minggu LIBUR
  • Status Order
  • SMS/WA: 0858 6776 6887
  • Line : 0858 6776 6887
  • salesbajubigsize@gmail.com
Terpopuler:

Mitos dan Fakta Seputar Kegemukan

11 Februari 2017 - Kategori Blog

Berikut Merupakan Mitos dan Fakta Seputar Kegemukan:

1. Gemuk karena keturunan/genetik
 Fakta: Kasus kegemukan karena faktor keturunan hanya sebesar 5%. Beberapa etnis tertentu mempunyai kecenderungan untuk memiliki perut gendut atau buncit. Tapi hal ini dapat dicegah/dihindari oleh masing-masing individu. Dengan pola makan seimbang, olah raga, dan olah stres, maka berat badan akan terjaga.

2. Makan malam membuat gemuk
 Fakta: Makan malam tidak akan membuat gemuk selama tidak melebihi kebutuhan kalori. Makanlah jauh sebelum waktu tidur. Dan lakukan aktivitas dahulu sebelum Anda merebahkan diri untuk tidur. Hindari bergadang, karena akan memicu Anda untuk mengemil di malam hari.

3. Ketika menopause, hormon yang mengalami perubahan akan menjadikan tubuh lebih gemuk.
Fakta: Hermon estrogen yang berkurang pada saat menopause akan mempermudah lemak bertimbun. Hindari hal seperti ini dengan rajin berolah raga sedari Anda muda.

4. Stres membuat badan menjadi gemuk
Fakta: Relatif. Ada sebagian orang yang menyikapi stres dengan makan lebih banyak untuk menghibur diri. Ada yang tidak doyan makan sama sekali. Tips: pada saat pikiran Anda stres, sikapi dengan melakukan kegiatan outdoor yang Anda sukai.

5. Mengenakan korset akan membuat perut terlihat kecil.
Fakta: Benar. Korset dapat membuat perut Anda TERLIHAT lebih langsing. Tapi ukuran perut akan kembali seperti semula saat Anda melepas korset. Hal ini tidak menyelesaikan masalah dalam jangka panjang. Lakukan olah raga yang dapat MENGENCANGKAN otot perut.

6. Sit up dapat mengecilkan perut
Fakta: Sit up merupakan salah satu bagian untuk mengurangi berat badan. Tetapi sit up saja tidak cukup. Lakukan kardio, jalan sehat, dan atur pola makan.

7. Air es membuat perut buncit
Fakta: Tidak benar. Air es hanyalah cairan yang dapat diserap tubuh. Jika Anda menambahkan pemanis seperti gula maupun sirup dalam air es, akan memberikan tambahan kalori. Pemanis inilah yang dapat menambah berat badan Anda.

8. Minuman bersoda membuat gemuk
Fakta: Minuman soda boleh dikonsumsi tetapi sewajarnya saja, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Minuman soda terutama harus dihindari oleh orang yang memiliki gangguan lambung (maag) karena dapat menimbulkan gas lambung dan perut menjadi kembung.

9. Kurang tidur mengakibatkan kegemukan
Fakta: Kurang benar. Bila Anda kurang tidur karena banyak tugas/pekerjaan yang harus Anda lakukan, hal itu akan menguras energi/kalori Anda. Yang harus Anda hindari adalah kurang tidur disertai ngemil di malam hari.

10. Menjadi gemuk karena melahirkan
 Fakta: Benar. Ibu hamil memang HARUS bertambah berat badannya karena harus mengonsumsi lebih banyak kalori untuk kebutuhan si jabang bayi juga. Tapi biasanya, berat badan akan kembali seperti semula setelah proses menyusui dan banyaknya aktivitas merawat si bayi. Tetap lakukan olah raga secukupnya, dan hindari makanan berlemak.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *